PENDAHULUAN
1.
Latar
Belakang
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ( IPTEK ) telah berkembang
sangat pesat di era global ini dan itu semua tidak terlepas dalam dunia
akademik ataupun perkantoran, apalagidalam hal dokumentasi, administrasi dan
presentasi sehingga diperlukan sebuah alat bantu dalam mengerjakan semua tugas ataupun pekerjaan secara efektif dan efesien.
Dalam pekerjaan sehari-hari yang berhubungandengan dokumentasi, seringkali diharuskan bekerja dengan
aplikasi pengolah kata. Microsoft Word dan Power Point 2003adalah salah satu program pemroses kata yang juga tidak kalah
effisien dalam membuat dokumen dan untuk mendesain sebuah presentasi agar
tampil menarik dan mudahdipahami oleh audience dibanding dengan pengolah atau
pemroses kata yang lain.
Microsoft Power Point merupakan
salah satu aplikasi milik Microsoft, selain Microsoft Word dan Microsoft
Excel yang telah banyak dikenal. Ketiga aplikasi ini lazim disebut
Microsoft Office. Pada dasarnya, aplikasiMicrosoft Power Point
berfungsi untuk membantu kita dalam menyajikan presentasi. Aplikasi
ini menyediakan fasilitas Slide untuk dapat menampung pokok-pokok
pembicaraan point-point yang akan disampaikan kepada pemirsa atau pendengar.
Dengan fasilitas, Animation, suatu slide dapat dimodifikasi dengan
menarik.
\
Begitu juga dengan adanya fasilitas:
Font Picture, Sound dan Effect dapatdipakai untuk membuat suatu slide yang
lebih bagus. Bila keadaan ini dapatdisajikan, maka para pendengar dapat kita
tarik perhatiannya untuk menerima apa yang ingin kita sampaikan. Setiap lembar tayangan berisi materi disebut
Slide. Agar slide yang sedang dibangun dapat menarik, tujuan kita
dalam menyampaikan suatu topik dapat tercapai, dan dapat dimengerti oleh
pendengar dengan efektif.
2. Rumusan
a. Apakah
pengertian Ms. Powerpoint itu?
b. Menu
apa saja yang ada di Ms Powerpoint?
c. Bagaimana
cara mengakses Ms Powerpoint?
d. Bagaimana
cara membuka file presentasi?
3. Tujuan
a. Untuk
mengetahui definisi Ms Powerpoint
b. Untuk
mengetahui menu yang ada di Ms Powerpoint
c. Untuk
mengetahui cara mengaksesnya
d. Untuk
mengetahui cara membuka file presentasi
PEMBAHASAN
A.
Definisi
Microsoft Power Point
Microsoft
Power Point adalah salah satu program presentasi yang popular pada saat ini.
Seiring dengan perkembangan computer sebagai sabuah perangkat multimedia,
presentasi bisa dirancang dengan computer. Dengan Ms. Power Point masyarakat
bisa membuat dan merancang sebuah presentasi dengan menarik.
B.
Sejarah
Aplikasi
Microsoft PowerPoint ini pertama kali dikembangkan oleh Bob Gaskins dan Dennis
Austin sebagai Presenter untuk perusahaan bernama Forethought, Inc yang kemudian
mereka ubah namanya menjadi PowerPoint.
Pada
tahun 1987, PowerPoint versi 1.0 dirilis, dan komputer yang didukungnya
adalah Apple Macintosh. PowerPoint kala itu masih menggunakan warna
hitam/putih, yang mampu membuat halaman teks dan grafik untuk
transparansi overhead projector (OHP). Setahun kemudian, versi baru
dari PowerPoint muncul dengan dukungan warna, setelah Macintosh berwarna muncul
ke pasaran.
Microsoft
pun mengakuisisi Forethought, Inc dan tentu saja perangkat lunak PowerPoint
dengan harga kira-kira 14 Juta dolar pada tanggal 31 Juli 1987.
Pada
tahun 1990, versi Microsoft Windows dari PowerPoint (versi 2.0) muncul ke
pasaran, mengikuti jejakMicrosoft Windows 3.0. Sejak tahun 1990, PowerPoint
telah menjadi bagian standar yang tidak terpisahkan dalam paket aplikasi
kantoran Microsoft Office System (kecuali Basic Edition).
C.
Menu
Ms Power Point
Di
Ms. Power Point ada menu-menu yang dapat digunakan untuk mempercantik dan
membuat presentasi se indah dan semenraik mungkin, sehingga para pembac atau
para pendengar presentasi tidak jenuh, dan semangat memperhatikan
presentasinya. Menu-menu itu yaitu:
1. Menu
File
Berisi daftar perintah
yang dapat dimanfaatkan untuk pengolahan file slide yang sedang dikerjakan
ataupun yang akan dikerjakan. Menu-menu itu diantaranya, menyimpan file,
membuka file, membuat file presentasi yang baru, keluar dari powerpoint,
mencetak slide, menentukan setting slide, dan lain-lain.
2. Menu
Edit
Menu ini digunakan
untuk proses penyuntingan sebuah slide. Menu yang ada di Menu Edit ini
diantaranya:
a. Undo
(membatalkan aksi terakhir)
b. Repeat
(mengulang aksi terakhir)
c. Cut
(memotong bagian slide)
d. Copy
(menyalin bagian slide)
e. Paste
(memasang/ menempelkan bagian slide yang sudah di copy)
f. Clear
(menghapus isi slide)
3. Menu
View
Menu ini digunakan
untuk menentukan mode tampilan dari lingkungan kerja Power Point. Menu ini juga
dapat menampilkan atau menyembunyikan beberapa perangat kerja Power Point
Beberpa menu di menu
view ini yaitu:
a. Normal
(mode tampilan normal)
b. Slide
sorter (mode tampilan slide sorter)
c. Colour
(menentukan warna presentasi)
d. Toolbar
(menampilkan toolbar yang akan di tampilkan)
e. Zoom
(memperbesar atau memperkecil tampilan)
4. Menu
Insert
Menu ini digunakan
untuk menyisipkan objek atau fitur tertentu kedalam slide. Daftar item dalam
menu insert diantaranya:
a. New
slide (menyisipkan slide baru)
b. Slide
number (menyisipkan nomor slide)
c. Comment
(menyisipkan komentar)
d. Picture
(menyisipkan gambar)
e. Diagram
(menyisipkan diagram)
f. Table
(menyisipkan table kedalam slide)
5. Menu
Format
Di Ms Power point, Menu
Format ini digunakan untuk mengatur format atau Layout dari slide atau
presentasi yang sedang dikerjakan.menu itrm dari menu format ini diantaranya
adalah:
a. Font
(menentukan jenis huruf)
b. Bullet
and Numbering (membuat daftar angka dan daftar peluru)
c. Slide
Layout (menentukan tata letak slide
d. Slide
Design 9menentukan desain slide))
e. Line
Spacing (menentukan jarak spasi antar baris)
f. Background
(menentukan latarbelakan objek-objek slide)
6. Menu
Tools
Menu ini berisi
perangkat-perangkat bantu, baik berhubungan dengan pengolahan rian melalui
slide maupun menata lingkungan kerja Power Point. Daftar menu item di menu
tools ini diantaranya:
a. Spelling
(mengaktifkan fitur pemeriksa ejaan)
b. Research
(mengaktikan fitur pencarian melalui internet)
c. Language
( menentukan bahasa yang digunakan pada presentasi)
d. Online
collaboration (bekerjasama secara Online)
e. Customize
(manajemen toolbar dan perintah-perintah tertentu)
f. Option
(manajemen lingkungan kerja Power Point)
7. Menu
Slide Show
Menu slide show ini
digunkan untuk tampilan mode slide show.
Daftar item yang ada
dalam menu slide show ini diantaranya:
a. View
Show (mengaktifkan mode slide show).
b. Set
Up Show (pengaturan setting mode slide show)
c. Record
Narration (merekam narasi untuk sebuah presentasi)
d. Action
Button (menyisipkan tombol aksi kedalam slide)
e. Action
Setting (menentukan aksi yang dipicu tindakan tertentu terhadap slide)
f. Custom
Animation (menentukan bentuk animasi sendiri)
g. Hide
Slide (menyembunyikan slide)
h. Custom
Show (menentukan urutan tampilan slide)
8. Menu
Window
Menu ini dapat
digunakan untuk mengatur jendela kerja Power Point. Daftar item yang ada di menu
window ini diantaranya:
a. New
Window (membuka slide pada jendela baru)
b. Arrange
All (menata semua jendela agar dapat diantarkan layar)
c. Cascade
(menampilkan pada slide dalam bentuk cascade)
9. Menu
Help
Di dalam menu ini,
berisi fasilitas bantuan dari aplikasi Power Point termasuk Office Assistant.
Menu item di menu help ini diantaranya:
a. Ms
Power Point Help (fasilitas bantuan untuk aplikasi Power Point)
b. Show
/ hide the Office Assistant (menampilkan atau menyembunyikan karakter Office
Assistant.
c. Ms
Office Online (membuka koneksi ke internet menuju ke Microsoft Office Online
d. Contact
Us (informasi untuk menghubungi Microsoft)
e. Check
for Updates (memeriksa update dari Microsoft)
f. Activate
Product (mengaktifasi produk Microsoft Office)
D.
Toolbar
Ms Power Point
Toolbar
pada dasarnya merupakan tombol untuk mempersingkat pengaktifan perangkat bantu
daripada mengaksesnya menggunakan menu. Misalnya kita ingin menyimpan dokumen,
maka jika menggunakan menu, kita harus mengakses menu File kemudian di item
Save, tetapi dngn toolbar, kita cukup mengklik tombol bergambar disket.
Kelompok
toolbar:
a.
Standard, berisi tombol-tombol yang
digunakan untuk aktifitas penyuntingan
b.
Formtting, berisi tombol-tombol yang
digunakan untuk format dokumen
c.
Control Toolbox, berisi control-kontrol
masukkan seperti text box
d.
Drawing, berisi kontrol-kontrol untuk
menggambar.
e.
Outlining, berisi tombol-tombol mengatur
outlining
f.
Picture, berisi tombol-tombol mengatur
tata letak gambar
g.
Reviewing, berisi tombortl-tombol
berhubungan pelacakan dokumen
h.
Revisions, menampilkan panel yang berisi
pelacakan erhadap perubahan yang dilakukan pada slide.
i.
Table and Borders, berisi tombol-tombol
mengatur tata letak tabel
j.
Task Pane, menmpilkan atau
menyembunyikan Task Pane
k.
Web, berisi kontrol-kontrol web browser
l.
WordArt, berisi tombol-tombol
mengaktifkan firtur wordart
Presentasi Sederhana
A.
Mengakses
program Ms. Power Point
Dalam
mengakses Microsoft power point ini bisa menggunakan cara yang berbeda. Ada 3
cara untuk mengaksesnya :
1. Dengan
menklik tombol start, lalu mengklik tombol program, lalu klik Microsoft Office,
kemudian klik Microsoft Office Power point.
2. Klik
icon shortcut Power point yang ada di desktop computer/laptop kita
3. Mengklik
salah satu document Power Point yang ada di laptop/computer.
B.
Membuka
File Presentasi
1. Setelah
membuka Microsoft Power Pointnya, klik File, lalu klik Open atau menekan tombol
pada keyboard CTRL + O
2. Pilih
dan Klik look in
3. Cari
letak dokumen presentasi yang akan dibuka
4. Pada
File Name ketikan nama file yang di inginkan
5. Klik
open.
C.
Memilih
Bentuk Huruf
Cara
memilih huruf dalam Ms Power Point
1. Blok
teks yang akan di edit
2. Klik
format, klik font
3. Editlah
sesuai dengan keinginan
4. Klik
ok
D.
Background
Objek Teks
1. Klik
view, klik slide/ klik tombol tampilan slide view
2. Pilihlah
slide yang diinginkan
3. Untuk
motif belakang, klik format, klik color & lines
4. Pilih
color, klik fill effects
5. Pilihlah
warna yang diinginkan
Untuk mendapatkan
gambar atao foto yang diinginkan, harus menyimpan foto atau gambar ru terlebih
dulu di suatu folder, setelah itu cari letak dan buka folder berisi gambar atau
foto itu.
E.
Menyisipkan
Objek, Audio dan Video pada Presentasi, mengatur efek dan transisi
a. Menyisipkan
Objek
Untuk menyisipkan objek
gambar (clipart/picture), dapat dilakukan dengan cara:
1. Melalui
kotak dialog New Slide, klik text & clipart
2. Melalui
menu insert klik clipart
3. Melaluiicon
Insert picture Clip Art yang ada pada toolbar Drawing yang ada dibawah
4. Kemudian
pilih gambar yang diinginkan
b. Audio
& Video
Untuk memberikan efek
audio dan video dalam Ms Power point:
1. Buet
terlebih dahulu menu dalam slide sebagai petunjuk nafigasi
2. Blok
salah satu petunjuk nafigasi
3. Klik
kanan mouse pada dalam daerah yang telah di blok
4. Pilih
icon Action Setting..
5. Klik
Hyperlink to..
6. Pilih
other file..
7. Cari
folder dimana film itu didimpan.
8. Klik
ok.
Presentasi Bernavigasi
A.
Mengabungkan
Dokumen Presentasi Hyperlink
Jika kita punya atau
telah membuat beberapa slide presentasi dan kita akan menggabungkannya untuk
empermudah cara [enyampaian presentasi di perlukan suatu nafigasi yang baik.
Penggabungan beberapa
slide/ beberpa document yang sama / berbeda dapat dilakukan dengan cara:
1. Klik
slide show
2. Pilih
Action Button
3. Pilihlah
bentuk Action Button yang sesuai dengan kebutuhan
4. Jika
berukpa teks, teks tersebut di blok terebih dulu lalu klik kanan pilih Action
Settings
5. Pilih
Hyperlink to..
6. Jika
yang akan ditampilkan berupa slide, pilih slide
7.
Jika yang akan ditampilkan berupa
file yang berbeda, klik Other file, cari folder letak dari
file/dokumen yang akan diaktifkan, setelah itu klik Ok
8. Jika
ingin mengakhiri tampilan dari program presentasi pada Hyperlink to.. pilih dan
klik End
Show.
B.
Mengatur
Urutan Slide
Agar kite dapat
mempermudah pengeditan, menambahkan animasi, dan mendapatkan suatu program
presentasi, maka urutan slide yang baik dalam program presentasi sangat
diperlukan.
Mengurutkan slide
dengan cara:
1. Klik
gambar slide yang akan dipindahkan (urutkan) pada sebelah kiri pada lembar
kerja Power Point.
2. Di
drag (menggeser mouse tanpa melepas klik atau tetap di tekan sampai pada tempat
dimana slide akan dipindahkan) ke tempat yang diinginkan.
C.
Tabel
Kita dapat membuat
tabel dengan beberapa cara melalui kotak dialog New Slide, Tool bar standars
atau menu insert.
Cara membuat tabel:
1. Aktifkan
file presentasi yang ingin disisipkan tabel
2. Klik
insert, klik Table
3. Atau
klik pada format, lalu klik Slide Layout,
4. Pilih
tabel
D.
Grafik
Membuat grafik dengan
langkah-langkah sebagai berikut.
1. Klik
format,
2. Pilih
dan klik Slide Layout yang diinginkan
3. Klik
double klik pada tanda chart di tengah slide
4. Klik
insert
5. Pilih
dan klik chart
6. Pilih
grafiknya dan masukan datanya
E.
Diagram
Langkah-langkah memasukkan
diagram ke Microsoft power Point:
1. Klik
insert, pilih dan klik Slide Layout
2. Pilih
Slide Layoutyang diinginkan
3. Klik
insert, klik diagram
4. Pilih
dan klik diagram yang mana yang diingikan
5. Klik
insert shape, pilih yang diinginkan
6. Pilih
layout diagram yang diinginkan
7. Pilih
design diagramnya
8. Input
data-datanya ke diagram
Menggabungkan data lain
dan membuat paket dan cetakan presentasi
A.
Mencetak
slide
1.
Pengaturan
Slide format percetakan
Sebelum
melakukan percetakan ada beberpa hal yang perlu dilakukan, seperti:
a. Menentukan
ukuran slide yang sesuai dengan jenis media percetakan.
b. Member
nomor pada slide
c. Oriendasi
percetakan (landscape atau portrait)
Prosedur
yang harus dikerjakan:
1. Tampilkan
file presentasi dalam tampilan slide show
2. Klik
menu file lalu klik page up
3. Klik
panah bawah pada kotak Slides sized For..:
-
On screen show, menentukan ukuran slide
yang dicetak seperti tampilan pada layar
-
Letter paper (8,5x11inc),
-
A4 paper (210x297mm)
-
35mm
-
Custom
4. Pilih
dan klik yang diinginkan
5. Tentukan
tinggi lebarnya slide pembagian width dan height
6. Tentukan
nomor awal halaman slide yang akan dicetak pada bagian Number Slides for
7. Klik
pilihan orientasi pencetakan slide pada bagian slides
8. Klik
pilihan orientasi pencetakan catatan (notes), handouts, dan outline pada bagian
Notes, Handouts & Outline
9. Klik
ok untuk konfirmasi
2.
Pencetakan
Slide ke Printer
Setelah melakukan
format slide yang akan dicetak, sekarang dapat mencetak melalui printer.:
a. Aktifkan
file presentasi yang akan di print
b. Klik
menu file lalu pilih Print
c. Klik
panah bawah bagian printer untuk memilih jenis printer
d. Tentukan
halaman yang akan dicetak pada bagian Print Range:
o
All
o
Current slide
o
Slide
e. Klik
panah atas atau bawah untuk menentukan jumlah salinan cetakan yang diinginkan.
f. Klik
panah bawah pada bagian Print What untuk menentukan yang akan dicetak
g. Tentukan
pilihan pencetakan yang lain
h. Klik
ok.
3.
Mencetak
beberapa slides dalam satu halaman
1) Aktifkan
file presentasi yang akan dicetak
2) Klik
menu File, lalu pilih Print (CTRL – P)
3) Tentukan
nama printer pada bagian Printer Name
4) Klik
all pada Print Range
5) Klik
tombol panah bawah pada print what, lalu pilih handsout
6) Klik
tombol panah bawah pada slide perpage untuk menentukan jumlah slide setiap
halaman tercetak
7) Klik
ok untuk konfirmasi
Pencetakan
slide maksimal dalam satu halaman sebanyak 9 slide, sesuai dengan format yang
diberikan kotak slide perpage hanya satu digit.
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Microsoft
Power Point ini adalah suatu program untuk dpat membuat presentasi menjadi
lebih menarik dan indah dengan menu-menu yang ada di Ms power Point itu.
Sehingga para pendengar tidak jenuh dalam mendengar dan memperhatikan orang
yang mempresentasikannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar