Minggu, 29 November 2015

Perilaku Organisasi pertemuan # 9 (Kekuasaan dan Politik)

Perbandingan kekuasaan dengan kepemimpinan. Kedua komponen tersebut sangat berkaitan.
Para pemimpin menggunakan kekuasaan sebagai sarana untuk mewujudkan tujuan kelompok. Para pemimpin mencapai tujuan dan kekuasaan sebagai sarana untuk memudahkan usaha dalam mewuudkan tujuan itu.

Landasan kekuasaan dibagi menjadi 2 yaitu Landasan formal dan pribadi. Landasan formal didasarkan pada posisi seorang individu dalam sebuah organisasi. Kekuasaan pribadi adalah kekuasaan yang berasal ari karakteristik individual mereka yang unik.  

Dari kedua landasan tersebut landasan yang paling efekif adalah landasan pribadi karena kekuasaan pribadi secara positif berkaitan dengan kepuasan karyawan terhadap penyeliaan, komitmen keorganisasian mereka dan kinerj mereka, sedangkan landasan formal tidak terkait secara langsung dengan hal ini.

Perilaku politik merupakan kegiatan yang tidak dipandang sebagai bagian dari peran formal seseorang di dalam organisasi tetapi mempengaruhi distribusi keuntungan dan kerugian dalam organisasi.

Faktor yang ebrkontribusi terhadap perilaku politik:

1.       Faktor Individu.
  Mengidentifikasi sifat-sifat tertentu, kebutuhan dan beberapa faktor lain yang dapat dikaitkan dengan perilaku politik seseorang.

2.       Faktor Organisasi
    Terdiri dari realokasi sumberdaya, peluang promosi tingkat kepercayaan rendah, ambiguitas peran, sistem evaluasi tidak jelas, tekanan kinerjanya tinggi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar