Rabu, 23 September 2015

Perilaku Organisasi pertemuan #3 (Bagaimana mengelola perbedaan dalam organisasi)


Yasmin Sekar A.
1214210346
 
Setiap kampus pasti memiliki berbagai macam organisasi, ada yang dilingkup universitas dan ada yang ada di lingkup fakultas, contohnya SENAT. Dalam SENAT sedang ada konflik bahwa terdapat beberapa bawahan dalam struktur organisainya memiliki perbedaan informasi sehingga melakukan tugasnya dengan informasi yang ia dapat. Hal itu membuat ketua SENAT arus mempertimbangkan apa yang harus dilakukannya.

Menurut Fred Luthan, manajer (dalam kasus itu ketua SENAT) terilibat dalm 4 aktivitas manajerial yaitu, manajemen tradisional, komunikasi dan manajemn sumberdaya manusua, dan pembangunan jaringan.

Dalam kasus tersebut ketua SENAT merasa terdapat kesalahan komunikasi dalam menyampaikan informasi antar para anggotanya. Namun menurut ku, ketua SENAT lah yang kurang dalam mengelola organisasi bertukar informasi dengan para angotanya, sehingga terjadi kesalahan informasi karena komunikasi atau biasa disebut miss communication. Karena hal itu, maka aktivitas dalam organisasi itu menjadi rumit dan kurang efektif.

Jadi, dalam mngelola organisasi perlu adanya peremncanaan, membuat keputusan, mengendalikan, bertukar informasi, memproses pekerjaannya, dapat memotivasi, mendisiplinkan anggota, dan dapat bersosialisasi dengan individu luar. Dan seharusnya itu dapat diluruskan kembali dengan musyawarah dengan anggota agar dapat dimengerti oleh seluruh anggota dan tidak ada pengulangan masalah dimasa yang akan datang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar