Sabtu, 12 September 2015

Perilaku Organisasi Pertemuan #1


Yasmin Sekar Adiyanti 
1214210346
Akuntansi S1


        Sedang maraknya kasus pengangguran yang menjadi masalah penting bagi negara kita Indonesia, dimana setiap tahun angka pengangguran yang semakin tinggi. Berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia meluluskan ribuan sarjana baik itu dari lulusan perguruan tinggi negeri maupun swasta, di setiap tahunnya. Namun sebagian besar dari sarjana itu, menjadi pengangguran. Di tahun 2015 ini BPS (Badan Pusat Statistik) jumlah pengangguran di Indonesia bertambah sebanyak 300 ribu orang, jadi total jumlah masyarakat Indonesia yang kini mengalami pengangguran mencapai 7,45 juta orang.

         Menurut Marius (2004), pengangguran itu adalah angkatan kerja yang belum bekerja atau bekerja secara tidak optimal. Dan juga menurut beliau, bila dilihat dari penyebabnya pengangguran dapat digolongkan menjadi beberapa golongan.
    
       Ternyata, mencari pekerjaan itu sulit, tidak segampang yang aku pikirkan sebelumnya. Bahkan anggapanku sebelum mengetahui dunia kerja, kita dengan menunjukkan IP (Indeks Prestasi) yang tinggi itu cukup untuk memasuki dunia kerja. Namun ternyata tidak hanya dengan IP kita yang tinggi saja agar mendapatkan pekerjaan. Selain IP yang tinggi, kita juga harus memiliki pengetahuan yang lebih luas, memiliki skill atau kemampuan kita dalam bidang yang akan kita tuju dalam pekerjaan yang disertai dengan pengalamannya, juga dilihat etika kita bagaimana, dan yang paling terpenting adalah memiliki niat untuk bekerja. Nah,, menurut ku adanya MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) yang akan diadakan akhir tahun ini, Indonesia masih kurang mempersiapkan diri dalam bidang pendidikan dalam menghadapi MEA ini. Padahal pas nanti MEA di mulai akan ada banyak anak muda pendatang dari luar negeri khususnya ASEAN yang ikut bersaing dalam dunia kerja. Semakin ketatnya persaingan dalam kesempatan bagi lulusan sarjana Indonesia yang ingin mencari kerja. Maka makin bertambahnya angka pengangguran di Indonesia.
        
         Jadi dengan adanya MEA yang akan dimulai saat akhir tahun 2015 ini, mahasiswa dapat meningkatkan pengetahuan, skill, dan menumbuhkan sikap dan etika bisnis yang baik sebelum mendaftar atau terjun di dunia kerja. Mahasiswa harus meningkatkan kualitas yang ada di diri mereka dan diharapkan dapat memberi ide ide dalam menghadapi MEA 2015 ini, sehingga dapat mengurangi tingkat pengagguran yang ada di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar